Selasa, 26 April 2016

Samudera Pasai

1.      Letak geografis
Letak geografis terletak di Pantai Timur Pulau Sumatera bagian utara berdekatan dengan jalur pelayaran internasional (Selat Malaka).

2.      Kehidupan politik
Pendiri Kerajaan Samudera Pasai adalah Nazimuddin al-Kamil (berasal dari Mesir) yang membawa Kerajaan Samudera Pasai menjadi berkembang cukup pesat. Raja pertama Samudera Pasai adalahMarah Silu (Malik as-Saleh). Ia meninggal lalu digantikan oleh putranya yang bernama Mailk ath-Thahir.

3.      Kehidupan ekonomi
Letak Kerajaan Samudera Pasai yang strategis, mendukung kreativitas mayarakat untuk terjun langsung ke dunia maritim. Samudera pasai juga mempersiapkan bandar - bandar yang digunakan untuk:
1.            Menambah perbekalan untuk pelayaran selanjutnya
2.            Mengurus masalah – masalah perkapalan
3.            Mengumpulkan barang – barang dagangan yang akan dikirim ke luar negeri
4.            Menyimpan barang – barang dagangan sebelum diantar ke beberapa daerah di Indonesia

4.            Kehidupan Sosial
Kehidupan sosial masyarakat Kerajaan Samudera Pasai diatur menurut aturan – aturan dan hukum – hukum Islam. Dalam pelaksanaannya banyak terdapat persamaan dengan kehidupan sosial masyarakat di negeri Mesir maupun di Arab. Karena persamaan inilah sehingga daerah Aceh mendapat julukan Daerah Serambi Mekkah.

5.            Kehidupan Budaya
Kerajaan Samudera Pasai berkembang sebagai penghasil karya tulis yang baik. Beberapa orang berhasil memanfaatkan huruf Arab yang dibawa oleh agama Islam untuk menulis karya mereka dalam bahasa Melayu, yang kemudian disebut dengan bahasa Jawi dan hurufnya disebut Arab Jawi. Selain itu juga berkembang ilmu tasawuf yang diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.

6.            Faktor kemajuan
Perkembangan ekonomi masyarakat Kerajaan Samudera Pasai bertambah pesat, sehingga selalu menjadi perhatian sekaligus incaran dari kerajaan – kerajaan di sekitarnya. Setelah Samudera Pasai dikuasai oleh Kerajaan Malaka maka pusat perdagangan dipindahkan ke Bandar Malaka.

7.            Faktor kemunduran
Beberapa faktor penyebab kemunduran kerajaan Samudera Pasai :
1.            Kerajaan Majapahit berambisi menyatukan Nusantara,
2.            Berdirinya Bandar Malaka yang letaknya lebih strategis,
3.            Setelah Sultan Malik at-Thahir meninggal, tidak ada yang menggantikan sehingga penyebaran agama Islam diambil kerajaan Aceh.


1 komentar:

  1. LuckyClub - Casino site review and bonus codes
    The site's bonuses and rewards, promotions, software and promotions. There luckyclub is a vast variety of games available, so choose the one you like best.

    BalasHapus